bisnis
Tips Memperbaiki Kasalahan Yang Pernah Dilakukan Kepada Konsumen
Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan, tak kecuali para pebisnis ketika menjual produk atau barang. Kesalahan bisa diakibatkan oleh pelayanan, pemasaran yang tidak efektif serta kesalahan produk yang dipasarkan. Masalah ini memang tidak bisa dianggap remeh karena bila diabaikan akan berdampak pada bisnis yang dijalankan. Berikut ini akan Kami jelaskan cara untuk memperbaiki kesalahan pada konsumen yang tepat untuk dilakukan.
1. Selalu merespon positif keluhan konsumen
Bila terdapat kesalahan dalam penjualan produk, cobalah untuk selalu minta maaf pada konsumen. Bila ada yang memberikan keluahan, selalu respon dengan positif dan lakukan evaluasi dari keluhan yang disampaikan oleh konsumen sehingga dapat segera memperbaiki kesalahan yang terjadi. Anda juga perlu mengkontrol bagian pelayanan konsumen agar pelayanan yang diberikan konsumen lebih maksimal
2. Selalu mengevaluasi pelayanan
Jika Anda melakukan kesalahan dalam proses pelayanan maupun pemasaran produk yang dijual, perlu adanya evaluasi lebih lanjut. Evaluasi kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya dan memperbaiki kesalahan tersebut. Bila perlu lakukan survei lokasi untuk mengetahui keluhan dari konsumen mengenai produk yang dipasarkan.
3. Selalu memberikan layanan yang maksimal
Kesalahan memang pernah kita lakukan, oleh karena itu usahakan jangan melakukan kesalahan yang sama. Lakukan pelayanan yang maksimal agar konsumen yang kecewa mulai mau memaafkan kesalahan yang pernah terjadi sehingga dia mau berbelanja kembali di tempat Anda. Selain itu, pebisnis perlu mencari ide-ide kreatif dalam mengembangkan produk yang lebih inovatif sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk terbaru Anda.
1. Selalu merespon positif keluhan konsumen
Bila terdapat kesalahan dalam penjualan produk, cobalah untuk selalu minta maaf pada konsumen. Bila ada yang memberikan keluahan, selalu respon dengan positif dan lakukan evaluasi dari keluhan yang disampaikan oleh konsumen sehingga dapat segera memperbaiki kesalahan yang terjadi. Anda juga perlu mengkontrol bagian pelayanan konsumen agar pelayanan yang diberikan konsumen lebih maksimal
2. Selalu mengevaluasi pelayanan
Jika Anda melakukan kesalahan dalam proses pelayanan maupun pemasaran produk yang dijual, perlu adanya evaluasi lebih lanjut. Evaluasi kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya dan memperbaiki kesalahan tersebut. Bila perlu lakukan survei lokasi untuk mengetahui keluhan dari konsumen mengenai produk yang dipasarkan.
3. Selalu memberikan layanan yang maksimal
Kesalahan memang pernah kita lakukan, oleh karena itu usahakan jangan melakukan kesalahan yang sama. Lakukan pelayanan yang maksimal agar konsumen yang kecewa mulai mau memaafkan kesalahan yang pernah terjadi sehingga dia mau berbelanja kembali di tempat Anda. Selain itu, pebisnis perlu mencari ide-ide kreatif dalam mengembangkan produk yang lebih inovatif sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk terbaru Anda.
Via
bisnis
Post a Comment